LOKER TAMATAN SMA/SMKemail : admin@pekanbaruku.com

CARA MEMBUAT E-KTP PEKANBARU

PEKANBARUKU.COM – MEDIA INFORMASI DAN LOWONGAN KERJA PEKANBARU – CARA MEMBUAT E KTP PEKANBARU

Kartu Tanda Penduduk atau KTP merupakan dokumen resmi kependudukan  yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada warga Negara Indonesia yang telah memasuki usia 17 tahun keatas sebagai tanda pengenal yang berisi tentang data – data seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, agama, status dan lain sebagainya.

KTP merupakan dokumen resmi kependudukan yang sangat penting, sehingga setiap penduduk yang telah memenuhi syarat pembuatan KTP WAJIB untuk mengurus dan memilikinya, kewajiban ini tidak terlepas dari kegunaan KTP yang sangat besar, karena hampir disetiap pengurusan atau pelayanan, baik administrasi pemerintahan atau lainnya, hampir dipastikan membutuhkan KTP sebagai syarat utamanya, seperti pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), PASPOR, asuransi / BPJS, Akta Tanah, Sertifikat, urusan perbankan dan masih banyak lagi urusan-urusan lainnya yang tidak terlepas dari KTP.

Saat ini pemerintah telah mengembangkan sebuah system baru yang dinamakan dengan E-KTP atau KTP Elektronik, yaitu sebuah system pencatatan data kependudukan dengan system keamanaan dan pengendalian berbasis database kependudukan nasional, yang memastikan setiap penduduk hanya akan mempunyai satu data tunggal atau satu nomor induk kependudukan (NIK) dan berlaku seumur hidup.

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian E-KTP secara umum serta kegunaan dan fungsinya yang sangat penting, saatnya kita kembali ke judul diatas, bagaimana sih caranya membuat KTP, syarat – syaratnya apa saja ? dan bagaimana alur prosedurnya ?

Baca juga : Daftar Kecamatan dan Kelurahan di Kota Pekanbaru

Pada umumnya cara membuat E-KTP dipekanbaru sama saja dengan daerah – daerah lainnya di indonesia, pada tulisan kali ini saya akan menjabarkan cara membuat E-KTP Baru di Kelurahan Umban Sari Kecamatan Rumbai sebagai contoh, adapun ketentuan – ketentuan yang harus diketahui oleh teman-teman adalah sebagai berikut :

  1. Sudah berusia 17 tahun saat pengurusan E-KTP
  2. Kelurahan atau Kecamatan mendukung sistem perekaman atau pelayanan E-KTP
  3. Telah menyiapkan berkas persyaratan pembuatan E-KTP

Baik, setelah ketentuan diatas sudah oke semua, saatnya kita mempersiapkan berkas persyaratan pembuatan E-KTP, adapun syarat-syarat pembuatan E-KTP yang perlu dipersiapkan  antara lain :

  1. Surat Pengantar dari RW dan RT tempat tinggal anda

(biasanya Pak RW/RT sudah ada formulirnya, jadi tinggal di isi saja dan jangan lupa minta dilebihkan buat jaga-jaga)

  1. Pas Foto 3×4 (Warna) 3 lembar

(biasanya ini untuk arsip kelurahan/kecamatan)

  1. Foto Copy Kartu Keluarga (KK)

(untuk berjaga-jaga silahkan dibawa berkas KK yang asli, Akta Kelahiran, serta fotocopy 3 rangkap untuk kelurahan, kecamatan dan arsip anda, dan juga biar tidak repot jika diminta sewaktu-waktu)

  1. MAP dan alat tulis

NB :

  • Jika pembuatan KTP karena pindah domisili silahkan lampirkan dokumen pindah datang dari DISDUKCAPIL

Nah, setelah semua syarat sudah siap langkah selanjutnya yaitu pengurusan E-KTP, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Bangun pagi dan datang lebih awal agar memiliki waktu yang panjang dan tidak terburu-buru
  2. Meminta Surat Pengantar dari RT dan RW setempat
  3. Melengkapi berkas syarat lainnya seperti Pas Foto, Fotocopy KK dan lainnya
  4. Membawa berkas persyaratan ke kantor lurah dan menyerahkannya diloket pelayanan, biasanya anda akan diminta mengisi beberapa formulir data-data kependudukan, sebelum Surat Pengantar dari kelurahan diberikan untuk diteruskan ke kantor kecamatan namun apabila kantor lurah tempat anda mengurus telah mendukung layanan E-KTP, perekaman E-KTP dapat langsung dilakukan di kantor lurah
  5. Selanjutnya pergi menuju kantor camat, seperti di kantor lurah anda bisa bertanya langsung dan menyerahkan berkas persyaratan ke pegawai atau loket pelayanan untuk di verifikasi terlebih dahulu, apabila semua persyaratan sudah benar dan lengkap maka akan dilanjutkan ke tahap perekaman E-KTP
  6. Perekaman E-KTP biasanya di awali dengan pengisian data-data kependudukan, lalu dilanjutkan dengan foto KTP, perekaman sidik jari dan retina mata
  7. Setelah proses perekaman selesai dilakukan, anda akan diberikan surat perintah pengambilan E-KTP baru dan akan dihubungi dalam waktu dekat, biasanya paling lama 2 minggu atau 14 hari kerja
  8. Sebelum kembali, pastikan seluruh data-data yang di input telah benar dan tidak ada kesalahan, baik nama, tempat tanggal lahir, dan lain sebagainya

Demikianlah syarat – syarat dan cara pembuatan KTP baru, Mudah atau sulit tergantung pada diri kita masing-masing, apabila kita menganggapnya mudah maka semua akan terasa mudah, karena berdasarkan pengalaman penulis, apabila semua syarat sudah lengkap dan tahapan telah benar dilakukan sesuai alur atau prosedur, maka pengurusan E-KTP sangat mudah.

4 Comments
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.